Laman

Senin, 08 Juni 2015

CARA MENJAGA BODY MOTOR AGAR TETAP MENGKILAP YAMAHA,HONDA, SUZUKI SAMPAI CINA

Pada umumnya orang-orang menginginkan motornya tetap terlihat bersih seperti baru. Meskipun motor Anda tidak dimodifikasi akan tetap menarik perhatian orang lain karena motor Anda terlihat bersih dan terawat. Jika Anda menginginkan cat motor tetap terlihat baru, berikut ini beberapa cara agar motor Anda tetap terlihat bersih. Berikut ini beberapa cara merawat cat motor Anda agar terlihat bersih danmengkilap seperti baru.

Mencuci motor menggunakan sabun deterjen adalah salah satu penyebab cat pada motor Anda terlihat pudar.Karena sabun detergent banyak mengandung zat-zat kimia dan tentunya sangat keras sehingga merusak cat motor Anda. Selain itu sabun deterjen sangat sulit untuk larut ke dalam air, sehingga terbawa di sponge dan menyebabkan goresan kecil yang dapat merusak cat motor Anda.Sebaiknya gunakan shampo khusus motor ketika mencuci motor.
1. Jaga Motor Selalu Dalam Kondisi Bersih
Tidak bisa dipungkiri kotoran akan selalu hinggap pada motor, apalagi motor selalu dipakai untuk bepergian setiap hari. Dalam kondisi cuaca hujan kotoran dengan mudah menempel pada bodi sepeda motor dan bagian lainnya. Pada musim kemaraupun debu mudah menempel pada motor.
Hal penting dalam menjaga motor tetap mengkilap adalah menjaga kebersihan motor . Setelah dipakai atau terkena kotoran segera dibersihkan, baik dengan mencuci atau mengelap dengan kemoceng atau kain halus. Namun hati-hati dalam mengelap jangan sampai menggores cat motor. Tahap awal dilap dengan kemoceng selanjutnya bisa dengan lap halus atau kanebo yang dibasahi dengan air.
Jika kotoran sudah sedemikian parah, mencuci motor adalah pilihan terbaik. Gunakan semprotan dengan tekanan tinggi dan sabun khusus untuk motor.
2. Berikan Lapisan Wax
Lapisan wax atau silikon akan membuat tampilan motor lebih mengkilap dan cemerlang. Aplikasi ini cocok diberikan pada motor setelah dicuci bersih dan dikeringkan. Lapisan silikon akan melindungi cat dari sinar matahari dan partikel kotoran yang menempel. Memang ada kontroversi pemakaian silikon ini, ada yang berpendapat akan menggerus cat dan ada yang tidak. Memang ada dua jenis material ini , ada yang bersifat menggerus cat dan ada yang bersifat melapisi.
3. Hindari Goresan Pada Cat
Awal dari kusamnya cat motor anda adalah adanya gesekan cat dengan benda-benda keras. Gesekan-gesekan ini akan menimbulkan goresan kecil pada cat. Jika jumlah goresan banyak maka cat akan menjadi kusam. Hindari bodi motor bergesekan dengan benda kasar, jika terlanjur bisa dihaluskan dengan mengusapkan compound halus. Lakukan dengan hati-hati dan merata. Meski ini akan menggerus cat, namun akan menghilang goresan dan lebih mengkilap. Hati-hati jangan sampai cat habis dalam aplikasi ini.
4. Menutupi Sepeda Motor
Saat sepeda motor tidak dipakai sebaiknya motor ditutup dengan cover pelindung. Selain itu saat diparkir usahakan tidak berada pada posisi terpapar terik matahari dan hujan. Carilah posisi parkir yang terlindung dari sinar matahari dan hujan.
Meski motor sudah berusia tua, namun tidak menghalangi untuk tetap tampil keren dan mengkilap, semua tergantung cara perawatan. Motor yang masih mengkilap juga akan awet mengkilat jika dirawat dengan baik. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar